Selasa, 10 Januari 2012

“HENDAKLAH ENGKAU SETIA SAMPAI MATI”

NASKAH DRAMA NATAL PEMUDA-PEMUDI GKPI RESORT PEKANBARU

Des 10th, 2011

“HENDAKLAH ENGKAU SETIA SAMPAI MATI”

Disebuah gereja berkumpulah para pemuda-pemudi yang sangat aktif dalam kegiatan pelayanan paduan suara. Hampir dalam setiap pelayanan mereka selalu kompak, namun pada beberapa bulan terakhir ini Kristy salah satu dari anggota paduan suara yang aktif sudah tidak pernah menginjakan kakinya lagi di gereja, sampai detik ini. Dan suatu ketika ,beberapa dari teman Kristy sedang membicarakanya . . . .
(suasana : 2 orang dalam posisi bebas,Biar gak keliatan garing si nando maenin gitar,,jangan lupa dimaenin!!
KRISTIN : (sambil baca majalah,majalah Kristen,,gefress gt yah namanya)
(kaget) ya tuhan,do!!liat dech,,liat!!!
Sini cepetan!!!
NANDO : (asik maen gitar)apaan sihh???
KRISTIN : Apa sihh,apa sih!!! Sini dulu makanya,,baca deh artikel ini”SEORANG PEMUDA OVER DOSSIS DI KAMAR KOST”
Aduh ngeri yah?! Jd takut dech…
NANDO : takut kenapa??? takut bentar lagi lw jadi korban selanjutnya???”SEORANG WANITA MUDA BERNAMA KRISTIN OD DI DALAM TOILET PASAR ANTRI BARU”hahahahahaahaaaa(tertawa puas)
KRISTIN : WAh sialan yah lw!!!lama lama gw timpuk juga yahh…sebel dch!!!
Kagak bias diajak serius lw mah…..
NANDO : HEHE…gak sok ath,skrang mah seriuss
Lw takut knp???why???
KRISTIN : awas lw becanda2x lg…
Gny gw keingetan si Kristy,,kemana yah tuch bocah. Kangen gw ma dia,,kangen ketawa ngak-ngaknya,semuanya dech!!(T_T,rada menghayal)
NANDO : Iya kmana yah tuch anak,,sama gw juga kangen…g ada kbar banget,kmaren gw sms g di balezz
KRISTIN : HEH…gw nelpon dia pun kagak diangkat,apalagi lw hanya ngesms,,kagak akan pernah diblzzz..
NANDO : yang pntingkan gw udh berusaha
KRISTIN : eh,,gw pnya ide. Gmn kalau kita kerumah si Kristy,,kita tanyain ke ortunya atw siapalah yang ada rumahnya..gmn kabar tu anak.syukur2x Kristynya ada dirumah.gimana ?
NANDO : yah,,tin..tin
Lw gak tw ape,,babeh dia tuch pemabok kelas senior bgtt!!!blm aja kita nyamper,si Kristy pasty botol-botol dijidadnya udh nempel di jidad lw!!!!
Ogah,,ah…malez bgt gw ngadepin bokapnya..
KRISTIN : ah lw mah !!!ktanya kangen sama dia,,masa Cuma gara-gara tembok sependek ini lw g bias ngeloncatin..
Payahhh!!!
NANDO : woyy,bkn masalah tembok sama loncat,,tp gw malezz weh ngadepin bokapnya..ampunlah pkoknya!
KRISTIN : (berusaha meyakinkan) ayolah do!!!plisss bgt,,anterin gw krmhnya..tar kalau udh ada apa2 ama dia br lw nyesell
NANDO : rada mikir) ya udahlah hayu kita kerumahnya…tp jgn skr,,bsk aja yahh. Sekarang mendingan kita balik udh malem..yuu!!!
KRISTIN : (SAMbil melangkah pulang)nahh,gitu donk itu namanya cowo sejati.hehehe
(DI RUMAH KRISTI)
IBU : ya ampun pa…..
Kenapa setiap hari kamu selalu pulang dalam keadaan mabuk??????????(ngomongnya sabar banget tp sambil matanya yg udah berkaca-kaca gt)
AYAH : heh..tutup mulut kamu yah…
Gak usahlah kamu banyak bicara,toh minuman yang aku minum inibukan hasil keringat kamu,,init uh hasil keringat aku jadi gak usah banyak bacot yah kamu!!!!
IBU : tp masa km gak malu…
Gak malu sama orang-orang,,sama anak kamu.kamu itu sudah tua bukan saatnya lagi kamu bertingkah laku seperti ini pak!
AYAH : alllahhh,PERSETAN dengan orang lain!!!
(ternyata Kristy sudah melihat percekcokan antara ayah dan ibunyai,,hatinya sedih namun itu tidak dia perlihatkan,apalagi dia baru pake narkoba)
KRISTY : (ngomongnya agak keras) wahh,,hebat yah,,g dirumah,,g dimana RIBUT aj terrrusss.bisa gila lama2x disini!!!!!!!!!(masuk kedalam kamar)
AYAH : hehh,liat anak kamu,,semakin gede bukanya sopan malah semakin kurang ngajarr!!!!ini semua salah kamu,,terlalu dimanjakan!!!!!!!!!!!
(tiba2 dengan volume suara yang lebih kencang memanggil)
KRISTYYYY!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!sini kamu!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Kristyyyyy!!!jgn kurang ngajar kamu!!!!
(kristy,keluar tanpa terlihat rasa takut sedikitpun)
KRISTY : apa?
AYAH : WAHH,,bener2x nih anak,,kelakuan udah kaya binatang,pulang malem teruss!!apa-apaan kamu diluar sana??JUAL DIRI KAMU HAH!!daasar PEREMPUAN GAK BENER KAMU!!
KRISTY : (spontan langsung menatap tajam mata ayahnya)APA?saya permpuan peremuan gak bener,saya jual diri??(berkaca-kaca)lalu bapa apa??bapa yang baik??iya,bapa adalh orang tua yang sangat sempurna dalam hidup saya…
(Karena merasa tidak dihargai+mabok,,ayahnya nampar si KRIsty)
KRISTY : PUAS??masih kurang?nih satu lagi…
AYAH : DASAR kurang ngajar kamu(sambil mw nampar lg,tp dihalangi oleh IBU)
IBU : (menangis)sudah cukup!!pergi dulu km nak..
KRISTY : G akan pernah gw balik ke neraka ky gny!!!!!!!!!byee
AYAH : bagus,,g usah kau datng kesini lagi!!
KRISTY : GAK AKAN!!!!!!!!!!!!!(sambil keluar)
IBU : A,tolong jgn begini..(menaNgis)
AYAH : DIAM KAMU!!!SUdah muak aku di rumah ini,ak BOSAN!!!
(PERGI)
IBU : TUHAN,,lindungilah suami dan anakku(sambil masuk kamar)
Karena sudah memutuskan keluar dari rumah,ia pun kembali dating kerumah KRISTIN,tempat yang membuat dia terjerembap ke dalam dunia kegelapan,disinilah tempat dia memulai semuanya,mulai dari mencoba rokok,alcohol,sampai narkoba.
Suasana(musik yang keras,,biar bias ngebedain tempat)
KRISTY : (MUKANYA udah cape banget)
TIN!!! TIN!!!(manggil2x tp g disaut,,karena Kristin lg ngedengerin mp4)
(teriak)KRISTINNN!!!!(mw nangis gt,critanya mw curhat)
KRISTIN : woyy!!ada apa sist?kenapa lw??
Tngu..tngu gw ambilin minum dulu(sambil kebelakang)kenapa sih lw??
KRISTY : GW udah muak sama kekacauan di rumah, gw tadi di tampar sama bokap,,gw dikatain perempuan gak bener,ky dia ortu yang bener aja!!
KRISTIN : HAHAHAHAA,emank lw permpuan g bener x,,g denk becanda!!
Udh lah jgn di ambil pusink,jgn terlalu dipikirin.nikmati aja x!!minum dulu nih!!enakan?mending lw fly gara2 ini,dari pada haruz mikirin keluarga lw yang g pernah mikirin lw sama sekali
KRISTY : emank gw g akn pusing mikirin mereka!!!hhaaahaa
Heh btw lw pny barang baru yah?bagi donk??
KRISTIN : ADAlah,tp kali ini lw harus bayar sist,,
KRISTY : gampanglh itu,skr mana?
KRISTIN : aDa di belakang,,jgn make disini athh.di belakang yu!!
KRISTY : YA UDH hayu!!
Dibelakang mereka memakai obat-obatan terlarang itu,,hari demi hari dilalui dengan aktivitas seperti itu.sampai akhirnya KRISTY menjadi pecandu kelas tinggi,,badabya habiss.semuanya terlihat memprihatinkan .
Disisi lain teman-teman gereja KRISTY mendatangi rumahnya…
NANDO + KRISTIN : kristy….kristyy
IBU : ya ampun Kristin,nando??ayo masuk!!ad apa?tumben sekali dating kesini..inang sampai kaget .
NANDO : gak,kok inang kita kesini cuman mau ketemu sama KRISTY abis dia udah lama bgt g pernah gabung sama kita
IBU : itu lah yang inang cemaskan,,sudah beberapa hari inI dia tidak pulang .
karena jujur saja kemaren2 dia betengkar hebat dengan bapanya .
KRISTIN : tp inag udah coba cari belum ?
IBU : inang baru sebatas nany temen2 kuliahnya,,blm sempat inang cari langsung karena kemaren inang baru sakit
NANDO : OH,gt yah??yp inang tw kristy ada dimana?
IBU : kmrn kta tmen2nya dia biasa diam dirumah Kristin,temen kuliahnya.tp inang gak tau rumahnya ada dimana.
NANDO : OH,saya tau inang,kalu gak salh rumahnya Kristin gak jauh dari kampusnya.
KRISTIN : kalau gitu, skr kita bakal nyoba datang kesana inang,siapa tau aja dia ada disana.sekalian kita mw ngobrol2 ma kristynya.
IBU : wah,terimakasih sekali yah,tolong salamkan k kristy bahwa tante sangat mencemaskanya. Tante ingin dia pulang, .Tolong sekali yah!!
NANDO : kami kan coba tante,karena kami juga merin dukan dia ad ditengah2 kami pada saat pelayanan paduan suara inang .
KRISTIN : KAmi akn berusaha inang,doakan saja yang terbaik..
IBU : termakasih skali lagi,TUHAN memberkati kalian
NANDO : sama2 inang,kalau begitu kami pamit dulu inang
(NANDO + KRISTIN cium tangan ibunya kristy )
Setelah mencari-cari rumah Kristin selama 4 jam, akhirnya mereka menemukan rumah Kristin…
KRISTIN : permisi…kristin 2!!!
KRISTIN 2 : iya bentar,,siapa yah??
Mw cari siapa yahh??
NANDO : ini bener gak rumah KRISTIN 2 t menya KRISTY??kta mau ketemu sama dia penting banget!!dia ad disini??
KRISTIN : OH,KRISTY??bntar gw panggilin
Eh,tar dulu..emank kalian siapanya?
KRISTIN : Kita tmen gerejanya
KRISTIN : OHHHH,tmen grejanya!!!!mw ngajak dia kegreja yah??gw kasih lw jempol kalau dia mw nginjek greja lagi,hahahhaha( ngejek )
Karena dia tuh udh ancurrrr bgt .tp kalian coba dulu aja dch,,tar yahhh!!
KRISTI!!!ni ad malaikat nihh nyariin lw,,
KRISTY : siapa?oh, lw ngapain kesini?(sinis)
KRISTIN : (meluk)gw kangen ma lw,lw ap kbar???kemana aj sih lw?anak anak pada nyariin lw!!
KRISTY : g usah so caree ma gw,,gw gak butuh hal-hal menjijikan kaya gini!!!ngerty lw??
NANDO : gw tau lw banyak problem dalam hidup lw, tp lw harus nyerahin ini sama TUHAN,ayo lw harus bangkitt!!bkn buat siapa2 ti,bwt TUHAN…
KRISTY : APA??TUHAN LW BILANG??TUHAN ?????HAHAAA
Bisa ancur kepala gw ngedenger kata TUHAN.
DIMana dia saat gw bth dia?dmn hah??g ada..yang ada dia udh buat hidup gw kaya gny,,hidup tanpa artii.TUHAN G pernah Bantu gw,jd bwt apa gw balik sama TUhan.g akan pernah ada harapan .
KRISTIN : gw sedih lw ngomong gt,ini bkn lw banget TI!!
Berserah ti,berserah sama TUHAN…
KRISTY : HEH,,dimana lw semua saat gw bth bantuan lw ????dimana hah??anjing semua.
jd plis jgn buang2 waktu bwt ngebujuk gw biar balik lg sama TUHAN.ngerty lw???
NANDO : emang kita g bs Bantu lw saat lw butuh bantuan,,tp itu karena lw g pernh cerita sama kita,kita udh berusah ngehubungin lw tp g pernah ad kabar.
Kita gak sama kaya TUHAN yng selalu ad buat umatnya kalau dia dalam keaadaan sengsara . tp TUHAN Juga g akan pernah ngasih sesuatu kalau lwnya sendiri g minta.
Ibu lw sakit,,dia kangen sama lw dia ingin lw pulaNG . kitaa balik yah!!TUHAN MEMBERKATI lw..
KRISTIN : kita balik yah!!!
Sejenak KRISTY pun merenung dia kaget ibunya sakit,dia tidak tau apa yang harus dia lakukan.
KRISTY : TUHAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Ap blm cukup engkau berikan masalah pada hamba TUHAN???ap tidak cukup TUHAN??skr apalagi?kau belim puas melihat hamba sengsara??seorang ayah pemabuk, keluarga hancur,badan hamba yang habis oleh semua ini??(nunjukin alcohol,rokok,narkoba).
Hamba mohon ampun TUHAN,AMPUNI HAMBA!!!!!!!!!sembuhkan mama TUHAN,Ssembuhkan beliau TUhan(menagis).
Karena ia merasa berdosa dengan apa yan g telah ia lakukan,KRISTY berniat untuk pulng ke rumah meminta ampun kepada mamanya,dan dia pun berniat akn menceritakan apa yang telah terjadi kepada mamanya. Menceritakan bahwa dia adalah pecandu narkoba, yang sepertinya mustahil untuk berhenti. Hanya niat yang besar untuk mengubah itu semua.dan niat itu sudah terpikir oleh KRISTY”saya mau berubah TUHAN,,”
Setibanya dirumah, dai melihat ibunya sedang membaca ALKITAB,SAmbil meneteskan air mata,karena ingin tau apa yang sedang ibunya baca, dia memperhatiakn ibunya sambil meneteskan air mata. Ibunya masuk kedalam kamar, dan KRISTY berjalan perlahan menghampiri tempat ibunya membaca ALKITAB,,walaupun dia tidak mengerti namun air mata terus keluar.
Ternyata ibunya sudah memperhatikan KRISTY dr tadi,,dia memegang pundak anaknya itu.
IBU : MAMa,merindukan kamu nak…(memeluk sambil menangis)
KRISTY : KAGET) Mama, maafin aku.ak banyak salah sama mama.mafkan aku
mah!(menangis)
IBU : (tanpa banyak bicara,ibu mencium kening anaknya)mama selalu memaafkan mu nak.
KRISTy : makasih mah..(MENCIUM TANGAN ibunya)
Mama td aku baca ayat ini mksudnya apa mah??
IBU : “HENDAKLAH ENGKAU SETIA SAMPAI MATI” mksudnya kita sebagai umat ciptaanya harus selalu setia pdanya dalam keadaan senang ataupun sedih. Kita harus meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi, adalh karena kesetiaan kita pada TUHAN sampai kita mati .
KRISTY : aku mengerty mah, aku akn selalu senantiasa setia pada TUHAN karena ia selalu menolong hamba dalam keadaan apapun,terlebih TUHAN telah mengirimkan mama yang baik sama aku. Terimakasih TUHAN.
Percakapan itupun terus berlangsung hingga akhirnya KRISTY menceritakan kepada ibunya bahwa anaknya pecandu narkoba, raut wajahnya sedih namun itu semua hilang karena terpancar dari wajah anaknya bahwa dia akan berusa merubah semua itu, walau terlihat sulit,namun tidak ada yang mustahil bagi ALLAH.terlebih jika kita mau berusaha dan SETIA SAMPAI MATI KEPADANYA.AMIEN
SELESAI
^_^JESUS BLESS YOU ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar